Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih itu kartu Debit berlogo GPN yang sudah dilengkapi CHIP?

GPN ini merupakan Program Gerbang Pembayaran Nasional yang digagas oleh Bank Indonesia sejak akhir 2017, dimana sekarang ini sudah di realisasikan.

 

atm gpn

 



Saya tau karena beberapa bulan lalu terdapat pemberitahuan bagi nasabah untuk mengganti kartu ke mode chip, yang ternyata ini kartunya berlogo GPN.

inilah kartu debit ke kartu debit dengan logo GPN baru - baru ini.

Beberapa Bank yang saya gunakan untuk menyimpan uang, seperti BPD JATENG, BPD JATENG SYARIAH, BNI, MANDIRI serentak memberikan notice untuk memperbaharui kartu.

Sebagai sistem yang bisa dibilang ini seperti Visa, Master Card, Cirrus.. tetapi ini merupakan jaringan yang dimiliki indonesia untuk transaksi keuangan perbankan melalui mesin EDC bank manapun yang letaknya berada di Indonesia, makannya namanya "Nasional", kepanjangannya sudah saya singgung.. tapi ini saya perjelas, GPN = Gerbang Pembayaran Nasional.


Lalu...

Ternyata Logo VISA dan Master Card hilang.. gak ada..



Apa sih Keuntungan GPN ini?


Dilansir dari Situs ATM Bersama,


  1. Kartu ini sudah mengadopsi teknologi terbaru yang menggunakan Chip mirip di SIM Card Ponsel.
  2. Dapat lebih aman dari resiko pencurian data, skimming.
  3. Tanpa Biaya Tambahan pada setiap merchant di seluruh indonesia.
  4. Dapat bertransaksi melalui mesin EDC ( Electronic Data Capture ) milik bank apapun di indonesia dengan keamanan yang lebih terjamin.
  5. Aman dengan Chip pada kartu ATM berlogo GPN, akan meminta 6 digit PIN ( Personal identification number ) sebelum memproses transaksi, jika pin tidak dimasukkan, maka transaksi gagal.
  6. Dapat melakukan transaksi tanpa batasan minimum, bisa nominal berapapun
  7. Memberi beragam kemudahan bertransaksi dengan fiturnya yang telah standar nasional.
  8. Efisien karena GPN sudah menerapkan standarisasi biaya pemrosesan domestik
  9. Memiliki Kemudahan Akses ke Seluruh Kanal Pembayaran Nasional yang Resmi atau dapat memproses ke seluruh ATM dari Bank yang terdaftar di Indonesia.
  10. Segala transaksi lewat GPN diproses di dalam negeri, sehingga informasi terkait transaksi tersebut lebih aman dari resiko peretasan ( semoga aja ya, amanah, karena tentu ketika masih ada peran manusia disana.. tak ada jaminan 100% :)
  11. Mendukung transaksi non tunai



EDC merupakan alat penerima pembayaran, biasanya ada di ritel atau supermarket, di teller bank. Alat ini di terbitkan oleh perbankan dan dapat terkoneksi dengan server perbankan. Jadi kita tinggal gesek kartu. 

Bentuk EDC sendiri seperti telepon Genggam jaman dahulu kala.. dengan layar kecil dan monokrom :), CONTOH EDC



Lalu, kelemahannya apa nih?


Kita kehilangan fungsi VISA dan Master Card, dimana ini sangat mendukung untuk transaksi luar negeri..

Ya, saya baru sadar ketika PAYPAL saya meminta verifikasi lagi kartu DEBIT...
lalu ketika saya gunakan untuk pengganti VCC seperti biasanya... Enggak bisa..



Kalau ini, perlu ditanyakan langsung ke CABANG Bank anda.. :) silahkan agar mendapat solusi,

saya sendiri belum sempat ngurus.



Ini info yang saya dapat dari situs ATM Bersama.



Jadi Meskipun kartu GPN keuntungannya lumayan banyak, ttetapi ada konsekuensi lain. Terutama bagi yang sering melakukan transaksi luar negeri, seperti impor produk atau membeli konten dari luar negeri melalui transaksi digital / e-commerce, kita belum bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu debit GPN, karena saat ini kartu GPN baru dapat melayani transaksi dalam negeri. Untuk transaksi internasional, bisa memilih opsi lain, yaitu dengan menggunakan kartu berlogo prinsipal luar negeri ( misal VISA, MASTER CARD).

Itulah sisi negatifnya jika beralih ke kartu berlogo GPN. Inisiasi GPN sendiri, dikatakan juga masih terus ditingkatkan akseptansinya oleh pemerintah, tak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan GPN sudah bisa dilakukan untuk transaksi online / e-commerce. Jadi kita perlu sabar dan tunggu terus update berita terbaru seputar kemajuan program GPN ini. hehe



Sementara, emang pergi ke Kantor Cabang dulu gih.. buat solusinya bgmn... :)








RahmanCyber
RahmanCyber RahmanCyber Merupakan Website berbagi Ilmu Pengetahuan, terutama dibidang teknologi. facebook twitter pinterest youtube

Posting Komentar untuk "Apa sih itu kartu Debit berlogo GPN yang sudah dilengkapi CHIP?"



InteenBisnis RahmanCyber
Cari Referensi Bisnis ya di InteenBisnis
https://inteenbisnis.rahmancyber.net
Bisnis Online - Trik Bisnis - Cari Uang Mudah








InteenBisnis merupakan platform review bisnis online sebagai referensi... mengapa?
karena setiap aplikasi yang diangkat untuk dijadikan artikel di
InteenBisnis, telah dipraktekkan sebelumnya oleh penulis artikel, dan disini kitapun juga terbuka, jika aplikasi tersebut mengandung scam/kemungkinan scam/penipuan... maka akan kita tulis sesuai dengan apa yang dialami penulis. Tidak semua artikel terdapat bukti pembayaran... hanya artikel dari bisnis online yang telah terbukti membayar saja yang kita sertakan bukti pembayaran sebagai pendukung kebenaran dalam

setiap aplikasi yang telah kita coba dan praktekkan sebelumnya.

Salam
RahmanCyber Network