Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja sih Faktor penyebab Nilai Tukar Mata Uang Suatu Negara Melemah




Nilai tukar mata uang yang melemah tentu akan berakibat pada naiknya harga-harga barang dan mungkin juga jasa di arena perdagangan indonesia.
Jika pembelian masih dalam jumlah kecilatau harga barangnya memang murah, mungkin belum terlalu terasa efeknya. Namun, bila membeli barang elektronik semisal laptop, Hape Smart atau Komputer, tentu saja efeknya akan terasa. Biasanya harga yang sudah naik kecil kemungkinan untuk turun kembali walaupun nilai rupiah menguat. Entahlah rumusnya seperti apa tetapi memang hal ini perlu pengendalian, sehingga harga menjadi normal kembali.

Lalu, sebenarnya apa saja sih faktor yang menyebabkan nilai tukar mata uang itu bisa naik atau turun? Di bawah ini adalah sejumlah faktor yang memengaruhi kurs mata uang sehingga nilai rupiah melemah atau menguat. Apa saja itu, simak paparan dibawah ni?

1. Utang Publik







Meminjam uang luar negeri (berutang) ternyata juga menjadi salah satu penyebab nilai tukar mata uang melemah. Besarnya nilai utang berdampak pada perubahan kurs mata uang. Pembayaran cicilan utang beserta bunganya menggunakan mata uang asing. Akibatnya, permintaan akan mata uang asing meningkat ketimbang rupiah.


2. Stabilitas Politik dan Ekonomi

Politik dan ekonomi saling terikat satu sama lain. Krisis politik menimbulkan krisis ekonomi. Begitu juga sebaliknya, krisis ekonomi menimbulkan krisis politik. Dampaknya, nilai mata uang bisa melemah dan terus melemah seperti yang pernah dialami Indonesia sewaktu krisis politik dan ekonomi 1998. Karena itu, betapa pentingnya stabilitas politik dan ekonomi tetap terjaga.


3. Ketentuan Perdagangan


Kegiatan ekspor dan impor dalam perdagangan memengaruhi kurs mata uang. Tingginya ekspor daripada impor menandakan perdagangan sedang dalam kondisi baik. Sebaliknya, tingginya impor daripada ekspor menandakan perdagangan sedang dalam kondisi kurang baik.
Lalu, mengapa bisa memengaruhi kurs mata uang? Dengan tingginya ekspor, permintaan mata uang asing tidak besar. Sebaliknya, tingginya impor menyebabkan permintaan mata uang asing meningkat. Akibatnya, matauang suatu negara bisa-bisa mengalami pelemahan.

4. Diferensiasi Inflasi


Inflasi merupakan salah satu faktor kenapa kurs berubah-ubah. Negara yang inflasinya rendah atau stabil, nilai mata uangnya jarang sekali mengalami pelemahan terhadap mata uang lain. Berbeda dengan negara yang inflasinya lebih sering naik ketimbang turunnya, nilai mata uangnya lebih sering melemah dan sewaktu-waktu menguat (tidak stabil).
Kaitan antara inflasi dan kurs juga tampak bila nilai rupiah melemah, inflasi akan terkena dampaknya. Angka inflasi akan cenderung naik karena beberapa produsen dalam negeri mengandalkan bahan baku dari luar negeri untuk produksi. Harga bahan baku yang mahal mengakibatkan harga produk juga mahal. Tentu saja ini mendorong naiknya inflasi.

5. Defisit Neraca Berjalan


Neraca berjalan diartikan sebagai keseimbangan dalam perdagangan antarnegara. Dalam melakukan transaksi, mata uang yang disepakati secara luas yang dipakai sebagai alat tukar. Jika suatu negara lebih sering membeli dari luar negeri ketimbang menjualnya ke luar negeri, neraca berjalan akan mengalami defisit.
Dalam kondisi seperti itu, kebutuhan akan mata uang asing meningkat yang kemudian mengakibatkan pelemahan nilai mata uang dalam negeri.

6. Faktor Eksternal atau Luar Negeri


Apa yang terjadi di luar negeri turut memicu perubahan nilai tukar rupiah. Adanya rencana kenaikan suku bunga Federal Reserve System atau Fed Amerika Serikat memengaruhi kondisi perekonomian global. Imbasnya, dolar menguat, rupiah melemah. Di samping itu, perubahan kebijakan fiskal dan perdagangan di Amerika Serikat juga memberi dampak bagi nilai tukar mata uang suatu negara.

Oke sobat inteenbisnis, itulah factor factor penyebab Nilai Tukar Mata Uang Suatu Negara Melemah, jika ada tambahan atau koreksi nih ya sobat, bisa sematkan dong di kotak komentar yang tersedia dibawah.
Semoga dapat menambah ilmu kita semua.. amin.




InteenBisnis RahmanCyber
Cari Referensi Bisnis ya di InteenBisnis
http://inteenbisnis.rahmancyber.net
Bisnis Online - Trik Bisnis - Cari Uang Mudah


Post a Comment for "Apa saja sih Faktor penyebab Nilai Tukar Mata Uang Suatu Negara Melemah"


InteenBisnis merupakan platform review bisnis online sebagai referensi terpercaya... mengapa?
karena setiap aplikasi yang diangkat untuk dijadikan artikel di
InteenBisnis, telah dipraktekkan sebelumnya oleh penulis artikel, dan disini kitapun juga terbuka, jika aplikasi tersebut mengandung scam/kemungkinan scam/penipuan... maka akan kita tulis sesuai dengan apa yang dialami penulis. Tidak semua artikel terdapat bukti pembayaran... hanya artikel dari bisnis online yang telah terbukti membayar saja yang kita sertakan bukti pembayaran sebagai pendukung kebenaran dalam

setiap aplikasi yang telah kita coba dan praktekkan sebelumnya.

Salam
RahmanCyber Network





Berlangganan via Email