4/12/2018

Cara menjadikan Blog SEO Friendly



Ok.. kali ini Inteenbisnis akan membahas tentang SEO, apa sih itu SEO? Eits padahal kita yakin lho, kalian mampir di Page Cara menjadikan Blog atau Website menjadi SEO Friendly, pasti kalian udah Tau yang namanya itu SEO, tetapi kita akan jelskan aja deh apa itu SEO sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana Mengoprek website kita agar SEO Friendly..

SEO itu adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster untuk sebuah website dengan tujuan meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, seperti Yahoo, Bing, dan terutama Google.

Mengapa hal itu penting?
Tentu karena sebagian besar orang memakai Mensin pencari untuk menemukan apa yang ia inginkan..

Sebanarnya hal ini tidak mutlak, tetapi trik SEO tiap orang satu dengan yang lainnya bisa berbeda beda, semua itu tergantung pada cara seperti apa yang ia senangi..
Dan disini kita akan membagikan kepada anda, Cara kita dalam melakukan Optimasi SEO, ambil yang menurut kalian pas selera aja ya.. :D

1. Perhatikan Kualitas Konten / Content


Kenapa konten saya jadikan pada urutan pertama, karena untuk sekarang ini, konten adalah segala - galanya. Kenapa? disini kita berbicara bahwa konten itu merupakan aset yang tak tergantikan, ada tidaknya pelanggan pada websitemu tergantung pada kontenmu.

Percuma kalian optimasi SEO sedemikian rupa, tetapi kontennya hanya berupa Konten Gak Mutu dengan Click Bait!!!
( Click bait jika diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia, Memiliki arti “Umpan Klik”. Click bait adalah suatu konten yang dibuat dengan tujuan untuk menjebak seseorang, menjebak pengunjung konten. Dengan membuat judul atau preview konten dengan semenarik mungkin, bahkan cenderung terlihat kontroversial, dan terlihat dilebih-lebihkan. Padahal isi dari konten, tidak sesuai atau malah jauh melenceng dari judul atau preview suatu konten yang diterbitkan.)

Maka dari itu Tips Cara menjadikan Blog atau Website menjadi SEO Friendly itu berawal dari kontennya dulu ya.. seperti apa, fokus kemana, apakah ada saling keterkaitan antar satu page dengan page lainnya.


2. Judul Sebuah Postingan


Hal kedua adalah perihal Judul, disini sebenarnya kalau kalian tanya... itu samakah dengan Click Bait.. ya seperti itulah.. tapi tentunya Optimasi Judul yang sesuai dengan Isi kontenlah yang kita sarankan. Sehingga tidak hanya SEO Click saja, melainkan juga SEO untuk menggaet pelanggan perlu dipertimbangkan.

Salah satu trik teknis pada bagian ini adalah Format Link Posting URL pada Blogspot


Mungkin juga berlaku untuk website lainnya, bahwa ini Permalink atau Permanent Link yang memainkan peran besar dalam peringkat artikel anda dalam posisi SERP di search engine ( APA ITU SERP? SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari. Semua blogger menginginkan blog mereka muncul di halaman pertama SERP, karena dengan posisi pertama, mereka bisa mendatangkan trafik lebih mudah. ) , ada beberapa aturan yang anda juga harus mengikuti aturan tentang permalink di blogspot.

  •  Judul Posting Tidak Boleh Melebihi 50 Karatkter
  •  Jangan Gunakan Kata Berhenti Atau Stop Words Dalam Permalink Dan Meta Tag. (Contoh : Dan,Yang,Sebuah,Dalam,Ke, Dsb)




Kata-kata stop words ini tidak baik untuk search engine karena jika anda menggunakan permalink dengan kata-kata dalam daftar stop words, maka pengindekan kata kunci akan di abaikan sampai kata stop words oleh google,namun saat anda menulis sebuah artikel,anda mempunyai pilihan untuk mengedit permalink artikel anda, cukup menggunakan atau mengedit di panel pengaturan permalink.

Dalam panel pengaturan format bahasa indonesia adalah (Tautan Permanent) dan silahkan hapus kata-kata berhenti atau stop words di panel permalink, untuk mengedit permalink cukup mudah dengan cara manual,cukup memilih permalink dan anda edit sendiri sesuai keinginan.



3. Optimalisasi Kata Kunci / Keyword


Pada pengoptimalan yang ketiga, saya memilih Kata Kunci atau Keyword sebagai hal yang penting.
 Tertalu sedikit keyword di artikel akan menyebabkan kurang peringkat dan isian keyword, namun anda juga tidak perlu melakukan penempatan keyword terlalu banyak karena menyebabkan over optimasi, tetapi disana anda dapat menempatkan banyak kata kunci untuk optimasi SEO, tentunya harus relevan, setelah selesai anda membuat post, anda dapat menganalisis seluruh post untuk mengetahui posisi yang tepat untuk penempatan keyword dan tentu tanpa mengganggu pembaca dalam penempatannya. Sehingga Keyword merupakan aspek penting untuk perangkingan posisi artikel anda di search engine.

Seperti ketika kalian menulis Karya Ilmiah, Skripsi atau Thesis gitu,  kalian bisa menyisipkan Keyword dalam Artikel yang kemudian kalian tulis di bawah artikel Kata Kunci yang kalian Gunakan.


4. Pelabelan / Pengkategorian


Pada pengoptimalan yang keempat, saya taruh nih pengkategorian sebagai Optimasi posisi ke empat.
Label/kategori itu bisa menambahkan kepadatan kata kunci dari pos, label harus mempunyai pelebaran sesuai dalam kategori dari pada single kategori, saya jelaskan dengan contoh seperti anda membuat sebuah posting, misalkan anda membuat artikel tentang "Komputer" dengan tiga kategori Windows,Linux,Mac, maka otomatis label menambahkan kepadatan kata kunci dalam seluruh post dan label mempengaruhi tulisan artikel terkait di blog.

Juga yang terpenting, pengkategorian ini saya katakan, akan mempermudah pengunjung kalian untuk menemukan sesuatu yang penting pada blog kalian.. dan tentu akan menambah minat pengunjung menjadi pelanggan setia blog kalian.. Camkan itu.



Sepertinya itu dulu yang kita bahas ya, Semoga dapat menjadi pelajaran dan bermanfaat.. Toh kita juga sama sama belajar.. disini saya juga masih mempraktekkan juga catatan saya tersebut untuk menhasilkan blog dan website yang berkualitas.

Untuk Update terbaru Seputar Bisnis.. Khusus seputar bisnis, silahkan kalian Follow Medsos kami di Inteenbisnis..
Bang, kok SEO masuk kategori bisnis? iya, karena dengan SEO tersebut kita bisa menghasilkan blog yang bisa mendatangkan Pundi Pundi Uang.. mau tau Caranya??

http://inteenbisnis.rahmancyber.net/2017/12/pengalaman-mengawali-karir-di-google.html












InteenBisnis RahmanCyber
Cari Referensi Bisnis ya di InteenBisnis
http://inteenbisnis.rahmancyber.net
Bisnis Online - Trik Bisnis - Cari Uang Mudah


Posting Komentar

InteenBisnis merupakan platform review bisnis online sebagai referensi terpercaya... mengapa?
karena setiap aplikasi yang diangkat untuk dijadikan artikel di
InteenBisnis, telah dipraktekkan sebelumnya oleh penulis artikel, dan disini kitapun juga terbuka, jika aplikasi tersebut mengandung scam/kemungkinan scam/penipuan... maka akan kita tulis sesuai dengan apa yang dialami penulis. Tidak semua artikel terdapat bukti pembayaran... hanya artikel dari bisnis online yang telah terbukti membayar saja yang kita sertakan bukti pembayaran sebagai pendukung kebenaran dalam

setiap aplikasi yang telah kita coba dan praktekkan sebelumnya.

Salam Founder
RahmanCyber Network





Whatsapp Button works on Mobile Device only