Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daftar Istilah Penting dalam Dunia Bisnis

Saat ini sudah bukan menjadi hal sulit lagi untuk membuka sebuah bisnis, Yup.. Peluang ada dimana mana, bahkan peluang Bisnis Online Receh sekalipun juga bisa jadi peluang bisnis sampingan.

Jaman sekarang berbeda dengan dulu, sekarang hanya menggunakan gawai pintar atau smartphone saja sudah bisa menghasilkan uang, kalo dulu semua butuh modal bro... ya butuh modal, alau sekarang juga ya.. tapi setidaknya ada peluang bisnis tanpa modal uang khan.. "Modal intelektual dan tenaga" hehe,





 

Sobat inteenbisnis, kali ini kita di halaman ini membahas beberapa istilah tentang bisnis, yang kamu perlu tahu, atau kamu bisa pin halaman ini, agar kamu bisa membukanya kapanpun ketika kamu butuh tau tentang suatu istilah. Pembahasan kita susun sedemikian rupa agar memudahkan kalian untuk mencari istilah.



1. Cash Flow (Arus Kas)


Cash flow ini adalah laporan keuangan arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar, kalau dijabarkan lebih rincinya berisi tentang informasi penerimaan dan pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan pada periode waktu tertentu. 

Dengan adanya laporan keuangan segala arus keuangan perusahaan dapat terlacak. 

 

Pembelajaran yang saya dapatkan, ada 2 metode yang biasanya digunakan untuk membuat cash flow, yaitu yang pertama adalah secara langsung atau direct cash flow, sedangkan metode yang kedua adalah secara tidak langsung atau indirect cash flow.



Untuk menggunakan metode langsung, kita bisa mengelompokkan kegiatan operasi kedalam beberapa kategori, semisal aktivitas operasional perusahaan dibedakan akun akunnya, seperti akun beban penyusutan, keuntungan, kerugian, utang, dan sebagainya.. intinya dibuat sub lagi dari aktivitas operasional, begitupun aktivitas lainnya.

Metode ini lebih mudah dimengerti saya rasa, karena informasi yang dihasilkan itu lebih rinci, sehingga dalam mengambil keputusan pun juga tidak ngambang dan langsung tertarget.


Sedangkan untuk menggunakan metode tidak langsung ini berbeda, jadi hanya memusatkan perhatian pada perbedaan antara arus kas ( laba rugi, neraca ) dari aktivitas operasi, bisa dibilang metode ini lebih murah dibanding metode langsung.




========================
Sumber Referensi (SORRY TIDAK SAYA AKTIFKAN UNTUK MENGANTISIPASI BROKEN LINK): 

https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/finance/cash-flow/
https://www.accountingcoach.com/blog/direct-and-indirect-method-cash-flows


2. Revenue (Pendapatan)


Revenue atau pendapatan adalah pemasukan yang diperoleh oleh suatu perusahaan atau pelaku bisnis dalam periode waktu tertentu, seperti pendapatan bulanan, kuarter, semester maupun pendapatan tahunan. Ya ini intinya adalah uang yang masuk ke kas perusahaan.

3. Profit (Keuntungan)


Profit merupakan pendapatan yang dikurangi oleh modal. Seperti contoh kamu memiliki sebuah usaha dimana untuk menghasilkan pendapatan sebesar Rp 100 juta, kamu perlu mengeluarkan biaya usaha tersebut sebesar Rp 75 juta, maka profit yang kamu peroleh adalah Rp 100 juta dikurangi Rp 75 juta, yaitu Rp 25 juta.

Pada istilah Profit ini terbagi menjadi 2 yaitu net profit dan gross profit

A. Net Profit


Net Profit adalah nilai Gross Profit yang dikurangi oleh biaya yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi, namun biaya harus dikeluarkan agar barang atau jasa yang dijual sampai kepada pembeli.

Contoh seperti pajak, biaya promosi dan keperluan lainnya.

B. Gross Profit


Gross Profit adalah pendapatan yang dikurangi oleh cost of goods sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga Pokok Penjualan terdiri dari biaya-biaya yang terkait langsung dengan produksi barang.

Contohnya Harga Pokok Penjualan yaitu biaya pembelian bahan baku dan biaya upah karyawan.

   

4. Income (Penghasilan)


Income adalah hampir sama dengan revenue, tetapi income lebih mengacu pada laba bersih, dengan perhitungan jumlah uang yang didapat melalui hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dengan pengurangan dari harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya lainnya.


5. Expense (Beban)


Beban / Expense adalah suatu penurunan nilai ekonomi, yang merupakan kas keluar atau aktiva yang berkurang. Beban juga biasanya dianggap sebagai kewajiban. Maksudnya sesuatu yang sudah diberikan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan pendapatan.
Contohnya akun yang dapat di dalam laporan laba seperti beban sewa, gaji karyawan, dan lainnya.

6. Waralaba

Waralaba ini merupakan Jenis lisensi yang perlu diperoleh untuk memiliki akses dan kontrol atas cara kerja bisnis termasuk hak milik, merek dagang, paten, dll.


7. Stakeholder


Stakeholder adalah “Individu atau kelompok yang memiliki kepentingan terhadap keputusan serta aktivitas organisasi dan dipengaruhi oleh operasi, kebijakan, dan tujuan perusahaan bisnis” Contohnya : Kreditor, karyawan, pemegang saham, dan investor semuanya adalah pemangku kepentingan.






Oke, kira kira sekian dulu untuk pemaparan KOLEKSI ISTILAH BISNIS.. jika ada istilah lain bisa ditambahkan di kotak komentar ya...



Referensi : Pelajaran Kewirausahaan




RahmanCyber
RahmanCyber RahmanCyber Merupakan Website berbagi Ilmu Pengetahuan, terutama dibidang teknologi. facebook twitter pinterest youtube

Posting Komentar untuk "7 Daftar Istilah Penting dalam Dunia Bisnis"



InteenBisnis RahmanCyber
Cari Referensi Bisnis ya di InteenBisnis
https://inteenbisnis.rahmancyber.net
Bisnis Online - Trik Bisnis - Cari Uang Mudah








InteenBisnis merupakan platform review bisnis online sebagai referensi... mengapa?
karena setiap aplikasi yang diangkat untuk dijadikan artikel di
InteenBisnis, telah dipraktekkan sebelumnya oleh penulis artikel, dan disini kitapun juga terbuka, jika aplikasi tersebut mengandung scam/kemungkinan scam/penipuan... maka akan kita tulis sesuai dengan apa yang dialami penulis. Tidak semua artikel terdapat bukti pembayaran... hanya artikel dari bisnis online yang telah terbukti membayar saja yang kita sertakan bukti pembayaran sebagai pendukung kebenaran dalam

setiap aplikasi yang telah kita coba dan praktekkan sebelumnya.

Salam
RahmanCyber Network